SIAPAKAH DOKTER ANESTESI ITU

DOKTER ANESTESI adalah seorang dokter spesialis anestesi atau anestesiologist yang telah menyelesaikan program pendidikan dokter spesialis anestesi.

Untuk menjadi dokter anestesi sebelumnya harus telah menyelesaikan pendidikan kedokteran umum atau merupakan dokter umum.

Dokter umum yang ingin menjadi dokter anestesi dapat mengikuti program pendidikan dokter spesialis anestesi di fakultas kedokteran di indonesia.

Seorang dokter umum yang ingin menjadi dokter anestesi harus mengikuti serangkaian tes di Fakultas Kedokteran di Indonesia agar dapat mengikuti program pendidikan dokter spesialis.

Di masa yang akan datang seorang dokter umum yang ingin menjadi dokter anestesi akan semakin bertambah.Dan sebenarnya dokter anestesi di indonesia masih banyak di butuhkan.

Dokter anestesi harus mempunyai suatu landasan ilmu (kognisi) dan keterampilan (psikomotor) dan perilaku yang baik (afeksi) karena bekerja sebagai salah seorang anggota team dalam tindakan pembedahan.Oleh sebab itu dokter anestesi harus berlandaskan kepada ilmu kedokteran dasar seperti farmakologi,fisiologi,anatomi dan dasar-dasar dari ilmu fisika dimana orientasinya lebih banyak horisontal daripada vertikal seperti halnya disiplin klinik lain.

Dengan demikian dokter anestesi harus mempunyai cukup pengetahuan dan keterampilan untuk
  1. Mengelola tindakan-tindakan untuk menghilangkan rasa nyeri,takut pada pembedahan,persalinan,dan tindakan medik lain,baik sebelum maupun sesudahnya.
  2. Mengawasi dan menunjang fungsi-fungsi vital penderita yang mengalami stress pembedahan dan pemberian anestesi
  3. Mengelola penderita yang tidak sadar apapun sebabnya
  4. Mengelola penderita yang mengidap masalah nyeri
  5. Mengelola masalah resusitasi jantung paru otak
  6. Mengelola terapi pernapasan 
  7. Mengelola berbagai gangguan cairan,elektrolit dan metabolik
Jadi sedikit banyak sudah taukan tentang dokter anestesi itu.

Trus siapakah dokter anestesi itu?

Salah satunya adalah dr AMRI MUBAROK HASIBUAN (Sp.AN)
hehehe....untuk saat ini masih di tanda kurung gelar dokter anestesinya dan masih berjuang untuk menjadi dokter anestesi di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang...hihihihi...

note : paragraf terakhir ini biar seru aja.ntar kalau sudah tamat dan jadi dokter anestesi bakalan bisa di hapus tuh tanda kurung..hheheh...
doain yah...amin

15 komentar:

  1. saya mau tanya dok._. eum saya ingin menjadi seorang dokter anestesi. saat ini saya kelas 2 sma, saya ingin tahu saat kuliah nanti untuk menjadi dokter anestesi apa saja persiapan yang harus saya lakukan dari sekarang. mohon dibalas dengan cepat ya._. hehe terima kasih dok.semoga berhasil perjuangannya ^^

    BalasHapus
  2. info alat kesehatan ..... untuk produk anastesi

    BalasHapus
  3. Bagus Dok..mampir ke www.dokterkuliah.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Dr kl penyakit rematik dan sejenisnya seperti encok bisa masuk ke perwatan Dr anestesi ga,?

    BalasHapus
  5. Saya kelas dua SMA saya ingin masuk dokter tolong beritau apa saja yg harus saya persiapkan untuk masuk dokter anestesi.mohon dibalas yaa

    BalasHapus
  6. Kalau sekarang sudah jadi dr. anastesi ya dok... 😇

    BalasHapus
  7. Dokter anestesi bisa membantu di ugd juga kah?

    BalasHapus
  8. Dokter anestesi bisa membantu di ugd juga kah?

    BalasHapus
  9. Pak, jadi kalo mau jadi dokter anestesi harus jadi dokter umum dulu yaa? Apakah benar skrg di unsri sudah dikeluarkan jurusan anestesi?

    BalasHapus
  10. Apa ada pengaruh nya bila sebelum nya pernah pasang pen di lengan kanan karena patah tulang saat kecelakaan, dalam waktu dekat ini mau menjalani operasi sesar ?

    BalasHapus